Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan

Berdasarkan Peraturan Bupati Gresik nomor 58 tahun 2008 tentang rincian tugas, fungsi dan tata kerja kecamatan, susunan organisasi Kantor Kecamatan Benjeng  terdiri atas :

  1. Camat
  2. Sekretariat, terdiri dari
    2.1.  Subbagian Umum dan Kepegawaian
    2.2.  Subbagian Keuangan, Program dan Pelaporan
  3. Seksi Pemerintahan
  4. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum
  5. Seksi Ekonomi dan Pembangunan
  6. Seksi Kesejahteraan Rakyat
  7. Seksi Kependudukan
  8. Kelompok Jabatan Fungsional

Dalam kedudukannya sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Gresik, Kecamatan Benjeng mempunyai rincian tugas, fungsi sebagai berikut:

1. CAMAT

Camat mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyelenggaraan tugas umum pemerintahan di wilayah kerja kecamatan yang meliputi :

  • Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  • Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  • Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan
  • Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  • Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  • Membina penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;
  • Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa dan/atau kelurahan.

Selain melaksanakan tugas, Camat melaksanakan wewenang pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, yang meliputi aspek:

  • Perizinan
  • Rekomendasi
  • Koordinasi
  • Pembinaan
  • Pengawasan
  • Fasilitasi
  • Penetapan
  • Penyelenggaraan, dan
  • Kewenangan lain yang dilimpahkan

Pelimpahan sebagian wewenang Bupati kepada Camat sebagaimana dimaksud ditetapkan dengan Peraturan Bupati berdasarkan kriteria eksternal dan efesiensi dan berpedoman pada Peraturan Pemerintah

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Camat menyelenggarakan fungsi :

  • Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  • Pengkoordinasian dan penyelenggaraan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  • Pengkoordinasian dan penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  • Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  • Pengkoordinasian dan penyelenggaraan pemeliharaan sarana prasarana fasilitas umum;
  • Pengkoordinasian dan penyelenggaraan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  • Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;
  • Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau belum dapat dilaksanakan desa dan/atau kelurahan;
  • Pengkoordinasian pencegahan, penanggulangan dan penanganan pasca bencana;
  • Pengkoordinasian dan penyelenggaraan pelayanan di bidang administrasi pertanahan dan kependudukan di kecamatan;
  • Pelaksanaan pelaporan hasil monitoring kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasayarakatan di wilayah kerja kecamatan;
  • Pelaksanaan tugas dinas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

2. Sekretaris Kecamatan

  1. Sekretariat Kecamatan mempunyai tugas mengkoordinasikan penyusunan rencana program dan kegiatan, melaksanakan pelayanan administasi umum dan tata usaha, kearsipan, adimintrasi umum dan tata usaha, kearsipan, administrasi kepegawaian, keuangan dan perlengkapan serta mengkoordinasikan pelaporan pelaksanaan program dan kegiatan yang diselenggarakan masing-masing seksi;
  2. Sekretariat kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris Kecamatan yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat.

Dalam melaksanakan tugas dimaksud Sekretariat Kecamatan menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan usulan program dan evaluasi kegiatan sekretariat;
  • Pelaksanaan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat/aparatur kecamatan;
  • Pengelolaan urusan keuangan;
  • Pelaksanaan tata usaha dan kepegawaian;
  • Pelaksanaan urusan perlengkapan dan rumah tangga;
  • Pengkoordinasian kegiatan antar seksi dalam rangka penyusunan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan kecamatan;
  • Pemrosesan usulan dan pertimbangan pengangkatan Lurah;
  • Pelaksanaan inventarisasi aset daerah atau kekayaan daerah lainnya yang ada di wilayah kerjanya;
  • Penyusunan laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan kecamatan;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Dalam melaksanakan tugas sekretariat, Sekretaris Kecamatan dibantu oleh Kepala Subbagian yang berada dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Kecamatan.
1.1.    Subbagian Umum dan Kepegawaian
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  • Melaksanakan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat/aparatur kecamatan;
  • Melaksanakan tata usaha dan kepgawaian;
  • Memproses usulan dan pertimbangan pengangkatan Lurah;
  • Melaksanakan inventarisasi aset daerah atau kekayaan daerah lainnya yang ada di wilayah kerjanya;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan bidang tuasnya.

1.2.    Subbagian Keuangan, Program dan Pelaporan
Sub Bagian Keuangan, Program dan Pelaporan mempunyai tugas:

  • Menyusun usulan program dan evaluasi kegiatan Sekretariat;
  • Mengelola urusan keuangan;
  • Mengkoordinasikan kegiatan antar seksi dalam rangka penyusunan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan kecamatan;
  • Mempersiapkan pelaksanaan musyawarah pembangunan tingkat kecamatan;
  • Menyusun laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan kecamatan;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekratris kecamatan sesuai dengan bidang tugasnya.

3. SEKSI PEMERINTAHAN

  1. Seksi pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan kecamatan di bidang pemerintahan;
  2. Seksi pemerintahan dipimpin oleh sesorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Seksi Pemerintahan menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan program dan kegiatan bidang pemerintahan;
  • Pelaksanaan kegiatan pelayanan pemerintahan umum;
  • Fasilitasi penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD);
  • Pelaksanaan persiapan pengesahan dan pengukuhan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD);
  • Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan di Desa dan Kelurahan;
  • Pelaksanaan persiapan pengambilan Sumpah/Janji dan Pelantikan Kepala Desa, Pimpinan dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa di wilayah kerjanya;
  • Fasilitasi penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Kepala Desa;
  • Fasilitasi penyelenggaraan kerjasama antar desa dan penyelesaian perselisihan antar Desa;
  • Fasilitasi penataan Desa dan/atau Kelurahan dan penyusunan peraturan desa;
  • Pelaksanaan pengawasan atas tanah-tanah negara dan tanah aset pemerintah daerah di wilayah kerjanya;
  • Pelaksanaan tugas pembantuan terhadap pelaksanaan pembebasan tanah milik dan pelepasan hak yang akan dipergunakan untuk kepentingan pembangunan, serta peralihan status tanah negara menjadi hak milik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Pelaksanaan tugas pembantuan dalam hal penetapan peruntukan, proses pengalihan, dan perubahan status tanah kekayaan desa serta pengalihan status tanah kekayaan desa yang berubah menjadi kelurahan;
  • Pelaksanaan monitoring dan inventarisasi penggunaan tanah terlantar, tanah negara bebas, dan tanah timbul di wilayah kerjanya;
  • Pemrosesan pengusulan Pj. Kepala Desa;
  • Fasilitasi penyelesaian perbatasan antar desa dalam wilayah kecamatan;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

4. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

  1. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas melaksanakan kegiatan kecamatan di bidang ketentraman dan ketertiban umum dalam rangka mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum.
  2. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Ketentraman dan Ketertiban menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan program dan kegiatan bidang ketentraman dan ketertiban umum;
  • Penyelenggaraan pembinaan ketentraman dan ketertiban, ideologi negara, kesatuan bangsa dan kemasyarakatan;
  • Pelaksanaan koordinasi dan pembinaan satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat di wilayah kerjanya;
  • Pemrosesan rekomendasi persyaratan perizinan tertentu yang berhubungan dengan ketertiban umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  • Pengkoordinasian, pembinaan dan pengawasan serta pelaporan langkah-langkah penanggulangan terhadap terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan;
  • Pelaksanaan pencegahan atas pengambilan sumber daya alam tanpa ijin dan dapat mengganggu serta membahayakan makluk hidup dan kelestarian lingkungan;
  • Pembantuan operasional penegakan dan pelaksanaan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah serta Peraturan Perundang-undangan lainnya di wilayah kerjanya;
  • Pelaksanaan koordinasi dalam rangka ketentraman dan ketertiban wilayah;
  • Pelaksanaan koordinasi dalam rangka antisipasi bendacana alam;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

5. Seksi Ekonomi dan Pembangunan

  1. Seksi ekonomi dan pembangunan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan kecamatan di bidang ekonomi dan pembangunan
  2. Seksi ekonomi dan Pembangunan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Seksi ekonomi dan Pembangunan meyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan program dan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dan pembangunan;
  • Penyelenggaraan pengkoordinasian usulan program pembangunan desa dan/atau kelurahan;
  • Fasilitasi dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pembangunan di kecamatan;
  • Fasilitasi pengembangan sarana perekonomian yang ada di desa dan/atau kelurahan;
  • Pelaksanaan pungutan atas pajak dan retribusi daerah tertentu di Kecamatan sesuai ketentuan perundangan;
  • Pembinaan dan pengembangan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang meliputi pemantauan kegiatan perindustrian dan perdagangan, pertambangan, kepariwisataan, perkoperasian, usaha kecil menengah dan golongan ekonomi lemah, peternakan, pertanian, perkebunan, perikanan, dan kelautan;
  • Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi harga sembilan bahan pokok;
  • Pengawasan penyaluran dan pengembalian dana bergulir program pemerintah;
  • Pengkoordinasian pelaksanaan program swadaya masyarakat;
  • Pemrosesan rekomendasi persyaratan perizinan tertentu yang berhubungan dnegan ekonomi dan pembangunan sesuai dengan peraturan perundang-unangan.
  • Fasilitasi, pendataan dan pendayagunaan teknologi tepat guna (TTG);
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya;

6. Seksi Kesejahteraan Rakyat

  1. Seksi Kesejahteraan Rakyat, mempunyai tugas melaksanakan kegiatan kecamatan di bidang kesejahteraan rakyat;
  2. Seksi Kesejahteraan Rakyat dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

Dalam melaksanakan tugas sebaiamana di maskud Seksi Kesejahteraan Rakyat menyelenggarakan fungsi:

  • Penyusunan program dan kegiatan kesejahteraan rakyat;
  • Fasilitasi penyelenggaraan pendidikan formal dan non formal;
  • Pelaksanakan pembinaan dan pengawasan kegiatan program pendidikan, generasi muda, keolahraan, kebudayaan, kepramukaan serta peranan wanita;
  • Pelaksanaan pembinaan pengawasan kegiatan program kesehatan masyarakat;
  • Fasilitasi pembinaan kerukunan hidup antar umat bergama;
  • Fasilitasi penyelenggaraan sarana pendidikan dan pelayanan kesehatan;
  • Pelaksanaan upaya pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan obat, narkotika, psikotropika, zat adiktif dan bahan berbahaya lainnya;
  • Pelaksanaan penyuluhan program wajib belajar;
  • Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan terhadap organisasi yang bergerak di bidang ketenagakerjaan dan pebruruhan;
  • Fasilitasi kegiatan organisasi sosial/kemasyarakatan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM);
  • Pelaksanaan pembinaan lembaga adat istiadat setempat;
  • Fasilitasi penanggulangan bencana, pasca bencana dan pengungsi;
  • Pelaksanakaan penanggulangan dan fasilitasi pemberian bantuan masalah sosial;
  • Pemrosesan rekomendasi penetapan penyandang masalah-masalah sosial;
  • Pemrosesan rekomendasi persyaratan perijibab tertentu yang berhubungan dnegan kesejahetaraan rakyat sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  • Pelaksanaan tugas dinas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

7. Seksi Kependudukan

  1. Seksi Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan kecamatan di bidang kependudukan;
  2. Seksi Kependudukan dipimpin oleh sesorang Kepala Seksi yang berada dan bertanggungjawab kepada camat :

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Seksi Kependudukan menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan program dan kegiatan bidang kendudukan;
  • Pelaksanaan pelayanan kependudukan;
  • Fasilitasi dan koordinasi pelaksanaan program keluarga berencana;
  • Penyelenggaraan pendataan kependudukan.
  • Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan data dibidang kependudukan;
  • Pelaksanaan pembinaan tertib data kependudukan pada desa dan/atau kelurahan;
  • Pemprosesan rekomendasi dispensasi nikah sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku;
  • Pemprosesan rekomendasi peryaratan perijinan tertentu yang berhubungan dengan kependudukan sesuai dengan peraturan perundang undangn;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan bidang tugasnya.

8. Kelompok Jabatan Fungsional

  • Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas kecamatan sesuai dengan keahlian dan/atau ketrampilan tertentu serta bersifat mandiri.
  • Kelompok jabatan fungsional sebagaimana dimaksud terdiri dari sejumlah tenaga fungsional dalam jenjang jabatan fungsional yang dapat dibagi dalam berbagai kelompok sesuai sifat dan keahliannya.
  • Setiap kelompok jabatan fungsional sebagaimana dimaksud, dikoordinasikan oleh seorang tenaga fungsional senior yang ditujukan dan bertanggungjawab kepada Camat.
  • Jumlah jabatan fungsional sebagaimana dimaksud ditentukan berdasarkan kebutuhan beban kerja.
  • Ketentuan jenis dan jenjang jabatan fungsional serta rincian tugas jabatan fungsional diatur berdasarkan peraturan perundang-undangan.
About these ads

Satu komentar (+add yours?)

  1. Trackback: Nama Pejabat Struktural « Kecamatan Benjeng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: